HALLOTANGSEL.COM – Kabar tentang beras-beras lama bantuan sosial berupa unggahan video di media sosial menghentak masyarakat DKI Jakarta pada Januari 2023.

Beras-beras yang tampak pada unggahan video itu disebut sebagai beras bansos DKI Jakarta yang ditimbun pada era kepemimpinan Anies Baswedan.

Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta lantas melakukan penelusuran terkait unggahan tentang beras bansos yang diklaim ditimbun itu.

Selain terkait beras bansos itu, muncul pula unggahan di di YouTube yang menarasikan Anies Baswedan gagal jadi calon presiden 2024 karena tersandung korupsi bantuan sosial ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Unggahan itu menampilkan judul Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden lantas membatalkan pencapresan Anies

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“BERITA TERKINI !! BUNTUT KASUS KORUPSI BANSOS DKI, NASDEM BATALKAN PENCAPRESAN ANIES”

Namun, benarkah Partai Nasdem membatalkan pencapresan Anies Baswedan pada Pemilu 2024 seperti disebut dalam unggahan di YouTube itu?

Penjelasan:
Unggahan video berdurasi lima menit tersebut tidak menampilkan pernyataan bahwa Partai NasDem membatalkan pencapresan Anies Baswedan akibat korupsi bansos DKI Jakarta.

Unggahan video tersebut berisi video wawancara Jubir PKS, M. Kholid, terkait alasan partai itu belum setuju deklarasi ‘Koalisi Perubahan’ pada 10 November 2022.

Selanjutnya, terdapat kompilasi video yang berasal dari video pengamat politik Refly Harun berjudul ‘LIVE! GAWAT! DEMOKRAT DIISUKAN KHIANATI KOALISI ANIES! INI PENJELASANNYA!!’, dan juga narasi dari Suara.com berjudul ‘Kabar Buruk! Sudah Koar-koar, Partai NasDem Ternyata Tak Serius Usung Anies Baswedan Jadi Capres?’.

Kedua video itu berisi analisa Refly Harun tentang cara menggagalkan pencapresan Anies.

Foto yang menjadi sampul unggahan video itu serupa foto yang dimuat Detikcom berjudul ‘Datangi Pasar Kramat Jati, Anies: Pangan di Jakarta Aman H-5 Idul Fitri’.

Dengan demikian, unggahan video di YouTube itu hoaks karena konten video tidak sesuai dengan judul yang disematkan.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Hallo Media Network, semoga bermanfaat.