HALLO TANGSEL – Tidak hanya didominasi oleh produsen asal Jepang, pasar otomotif Indonesia juga menjadi sasaran empuk bagi pabrikan mobil asal Korea Selatan yaitu Hyundai. Hyundai sendiri pertama kali meramaikan pasar otomotif Tanah Air tahun 1995 melalui PT. Citra Mobil Nasional sebagai agen tunggal pemegang merek.

Di tahun ini Hyundai menghadirkan unit baru bernama Hyundai Stargazer yang masuk dalam segmen MPV.  Di Indonesia, pangsa pasar MPV menjadi salah satu yang terbanyak dengan persentase sebanyak 40%.

Artinya, MPV masih menjadi jenis mobil favorit masyarakat. Hal ini tak lepas dari kapasitasnya yang besar dan bisa dipakai untuk berbagai aktivitas. Sebagai kendaraan tipe MPV, Hyundai Stargazer mengklaim bawah mobil ini mampu menghadirkan tingkat kenyamanan yang tinggi seiring adanya teknologi dan fitur terbaru di dalamnya.

Untuk membuktikan pernyataan di atas, simak rangkuman spesifikasi dan harga Hyundai Stargazer berikut ini.

Pilihan Tipe Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer tersedia dalam 4 pilihan tipe di mana masing-masing memiliki kelebihan tersendiri.

1.   Stargazer Active

Stargazer Active merupakan tipe terendah yang hadir dengan dua pilihan transmisi yang MT (manual) dan IVT (otomatis). Sebagai tipe standar, mobil ini dibanderol lebih murah dari seri lainnya, namun tetap dilengkapi dengan fitur yang memadai.

Soal keamanan, seri Active menghadirkan dual airbag, immobilizer, dan Anti-lock Braking System (ABS). Bagian setirnya pun menggunakan tilt steering sehingga memudahkan pengendara mendapatkan posisi menyetir ternyamannya.

Fitur lain yang terdapat di Stargazer Active adalah head unit ukuran 8 inci dilengkapi konektivitas smartphone dan Bluetooth, didukung empat speaker, terdapat Bluetooth hands-free, dan menggunakan pelek alloy 15 ukuran inci.

2.   Stargazer Trend

Pilihan selanjutnya adalah Trend. Tipe ini memiliki fitur selengkap Active, hanya saja ukuran peleknya menggunakan 16 inci. Selain itu, terdapat tambahan fitur telescopic pada setirnya dan sudah disematkan teknologi parking distance warning dan Hyundai Bluelink yang memungkinkan pengendara mengontrol kendaraan melalui ponsel.

3.   Stargazer Style

Stargazer Style mempunyai semua fitur yang ada di Stargazer Trend dengan beberapa tambahan, seperti fitur Cruise Control yang membantu pengemudi menstabilkan kecepatan mobil tanpa perlu menginjak pedal gas.

Selain itu ada juga perangkat audio enam speaker, lampu depan LED, layar TFT LCD 4,2 inci, Rear Occupant Alert, Smart Keyless Entry with Key Fob, Electronic Stability Control, Manual Speed Limit Assist, dan Tire Pressure Monitor System. Untuk tipe ini hanya menyediakan transmisi jenis otomatis (IVT).

4.   Stargazer Prime

Inilah tipe tertinggi dari Hyundai Stargazer. Sama seperti tipe Style, Stargazer Prime hanya menyediakan transmisi IVT. Bedanya, seri ini mempunyai fitur terlengkap dan bagian joknya telah menggunakan kulit sebagai pelapis.

Spesifikasi Hyundai Stargazer

Setelah mengetahui seri yang tersedia, sekarang cari tahu bersama tentang detail spesifikasi Hyundai Stargazer berikut ini.

1.   Desain dan Dimensi

Secara dimensi, Hyundai Stargazer memiliki ukuran panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.695 mm sehingga ukuran kabinnya terasa luas dan mampu mengangkut penumpang sebanyak 6 sampai 7 orang. Selain itu, ukuran bagasinya juga memadai dan mampu memuat banyak barang.

Hyundai Stargazer hadir dengan enam pilihan warna yaitu Creamy White Pearl, Mangrove Brown Pearl, Dragon Red Pearl, Midnight Black Pearl, Titan Gray Metallic, dan Magnetic Silver Metallic.

Untuk menghasilkan tumpangan yang empuk dan minim guncangan saat melintasi jalan bergelombang Hyundai Stargazer dilengkapi suspensi jenis double wishbone di bagian depan dan torsion beam pada bagian belakang. Mobil ini juga memiliki kualitas rem unggulan karena dapat mengerem dengan cepat dan tepat.

2.   Mesin

Demi menghasilkan performa yang maksimal, pabrikan membekali Hyundai Stargazer dengan mesin tipe 1,5L MPI berkapasitas 1.497 CC plus valves of cylinders 16-valve, HLA. Hasilnya Hyundai Stargazer mampu menghasilkan tenaga hingga 115 Ps/6.300 rpm dan maksimal torsi 14,7 kg-m/4.500 rpm. Selain menawarkan transmisi IVT, beberapa tipe Hyundai Stargazer juga menyediakan tipe MT.

3.   Fitur

Hyundai Stargazer dilengkapi Seat Back Table yang bisa dimanfaatkan sebagai meja untuk makan maupun meletakkan laptop. Dengan begitu penumpang tetap bisa bekerja dengan nyaman selama perjalanan.

Fitur lainnya adalah wireless smartphone charger, Tire Pressure Monitoring System ukuran 4,2 inci, terkoneksi dengan Bluelink, dan Display Audio ukuran 8 inci yang dilengkapi konektivitas ke smartphone.

Selain itu terdapat fitur pendukung seperti Forward Collision-avoidance Assist, Lane Keeping Assist, dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist.

Harga Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer sangat bervariasi tergantung tipe yang dipilih. Berikut ini detailnya.

  1. Stargazer Active
  • Transmisi MT: Rp 243 jutaan
  • Transmisi IVT: Rp 260 jutaan
  1. Stargazer Trend
  • Transmisi MT 7 seat: Rp 263 jutaan
  • Transmisi MT captain seat: Rp 264 jutaan
  • Transmisi IVT 7 seat: Rp 276 jutaan
  • Transmisi IVT captain seat: Rp 277 jutaan
  1. Stargazer Style
  • Transmisi IVT 7 Seat: Rp296 jutaan
  • Transmisi IVT captain seat: Rp 297 jutaan
  1. Stargazer Prime
  • Transmisi IVT 7 seat: Rp 307 jutaan
  • Transmisi IVT 7 seat two tone roof: Rp 309 jutaan
  • Transmisi IVT captain seat: Rp 308 jutaan
  • Transmisi IVT captain seat two tone roof: Rp 310 jutaan

Dari penjelasan di atas, seri Hyundai Stargazer mana yang Anda pilih? Untuk mendapatkan Hyundai Stargazer Anda bisa memesannya secara online melalui Blibli. Selain praktis, Blibli juga menyediakan ilustrasi pembayaran Hyundai Stargazer untuk pembelian di area JABODETABEK.